Pages

Senin, 07 Juli 2014

Gejala Panas Dalam Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

GEJALA PANAS DALAM DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA

Gejala panas dalam bisa kita perhatikan secara mudah, dan bisa kita antisipasi agar tidak memperburuk keadaan. Panas dalam bisa disebabkan karena kurangan asupan vitamin c, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), memakan makanan yang berlemak dan bersifat panas misalnya gorengan, atau bisa juga karena cuaca yang panas. Gejala panas dalam juga bisa disebabkan oleh factor lingkungan dan factor emosional misalnya stress. Stress mengakibatnya jam makan jadi tidak terkontrol, hormone menjadi tidak stabil dan daya tahan tubuh menjadi lemah. Selain itu panas dalam juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan antara makanan yang bersifat “panas” dan “dingin”. Contoh makan yang bersifat panas di antaranya gorengan, lemak, daging, cabai, jahe, dan masih banyak lagi. Sedangkan syuran dan buahan bersifat dingin.




gejala panas dalam

GEJALA PANAS DALAM di antaranya :

  • Tenggorokan terasa panas sekali
  • Merasa haus yang berlebihan
  • Tenggorokan terasa sakit saat mau menelan makanan atau minuman
  • Tubuh terasa kurang bertenaga (lemah, letih, lesu)
  • Terjadi gangguan pada mulut seperti sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut
  • Terjadi gangguan pada pencernaan seperti sembelit, diare, ambeien
  • Adanya gangguan di tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan dll
  • Tubuh terasa tidak sehat seperti bersin-bersin dan badan meriang
  • Cara mencegah panas dalam

CARA MENCEGAH PANAS DALAM yang anda bisa coba di rumah :

Perhatikan jam makan anda

Hal ini berlaku untuk orang yang memiliki gangguan asam lambung. Pola makan yang tidak teratur dapat menimbulkan gangguan pada lambung atau meningkatnya asam lambung yang menyebabkan orang mudah merasa panas dalam.

Menjaga jenis makanan

Makanan yang bersifat terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengganggu system pencernaan hal ini karena system pencernaan manusia mempunyai batas suhu tertentu. Makanan yang terlalu panas dapat mengganggu lapisan lender yang melapisi saluran pencernaan kita. Makanan yang dingin juga dapat membuat system pencernaan menjadi mengerut, sehingga proses pencernaan menjadi sulit.

Memperhatikan menu makanan

Makanan yang bersifat panas dan digoreng paling banyak menyebabkan luka atau iritasi pada tenggorokan kita. Peradangan inilah yang menyebabkan munculnya gejala panas dalam. Terlalu banyak menggunakan minyak untuk memasak sangat tidak baik untuk kesehatan pencernaan dan tenggorokan kita.

Olahraga secara teratur

Kelelahan dapat menyebabkan munculnya gejala panas dalam. Olahraga merupakan salah satu cara untuk melatih tubuh agar tetap fit dan terjaga dengan baik. Dengan berolahraga daya tahan tubuh pun akan meningkat, sehingga kita tidak mudah terkena panas dalam walaupun dalam kondisi tubuh sedang kelelahan.

Kelola stress dengan baik

Saat ini banyak orang yang mengeluhkan panas dalam akibat stress yang tidak terkendali. Stress bisa menurunkan daya tahan tubuh selain itu juga dapat mengacaukan jam makan dan hormon tubuh.
Begitulah kiat agar terhindar dari stress silakan coba dirumah anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About